Whoever me, Whatever me, and Whenever me. I'm the only one and just one of "me".

Minggu, 08 Mei 2011

Heroes of The Valley

13.34 Posted by Tiara Putri 11 comments
Salah satu buku yang bikin gw penasaran untuk membeli karena ketenarannya adalah Bartimaeus Trilogy karya Jonathan Stroud yang setelah selesai melahap ketiga buku tersebut, gg nyesel deh kenal sama Bartimaeus, si jin usil bin narsis yang kalau komentar bikin sakit perut. Nah kemaren Bang Asop kasih tahu kalau Heroes Of The Valley ternyata udah diterbitin sama Gramedia, wah agak shocked juga karena gw mengira The Ring of Solomon, prekuel dari Bartimaeus yang akan diterbitkan terlebih dahulu.
Nah, tanggal tiga kemaren habis liat plakat untuk acara kemarin lusa gw maen tuh ke Toga Mas, iseng-iseng ngeliat udah tiba belum tuh buku, iseng doang karena emang belum niat beli soalnya mau ke Yogya dulu hhohho. Karena niatnya iseng dan cuma nengok sebentar, gw sampe masih pake helm, terus muter-muter sebentar, dalam hati agak bersyukur itu buku belum nyampe Semarang, eh tiba-tiba gw ditanya, "Ada yang bisa saya bantu mbak?" dan gw balik tanya, "Emm, ada Heroes of The Valley?", si mbaknya maju selangkah dan mengangkat sebuah buku, Celana Merlin, segede gitu gg keliatan, padahal gw udah lewatin meja display itu sampai dua kali karena sampul yang terbayang dibenak gw sampul yang versi asli dan gw kira buku itu awalnya tentang komunis atau garis kiri hhohho. Eh pas liat harganya, Rambut Kutuan diskonnya 20% dan akhirnya beli saat itu juga hhohho. let's check it out this one.
Kisah dimulai dengan cerita tentang para pendiri klan yang bersatu dan bertempur melawan Trow. ada 12 pendiri klan yang bertempur mati-matian, salah satunya adalah Svein. Kisah-kisah tentang kepahlawanan Svein menginspirasi Halli Sveinsson, seorang keturunan langsung dari Svein, anak dari Arnkel dan Astrid, penguasa dan penegak hukum klan Svein. Halli memiliki badan yang pendek dan kaki yang bengkok, berbeda dengan orang-orang disekitarnya, selain itu sifatnya juga badung ampun-ampunan karena dia kecewa dengan keadaan klan yang berbeda dengan pada masa Svein masih hidup. Suatu hari saat ada pertemuan yang akan diadakan di wilayah klan-nya, Halli yang sedang dihukum berkenalan dengan Aud Arnesson dan menjaili Ragnar Hakonsson, tanpa ia duga peristiwa tersebut menjadi awal mula dari peristiwa yang mengubah hidupnya dari pembunuhan pamannya, Brodir, pembalasan dendam dan kenyataan tentang cerita-cerita kepahlawanan
My Comment : novel ini keren sekali, two thumbs up. novel ini membuktikan kalau Om Stroud adalah penulis yang berbakat karena ia menyuguhkan cerita yang berbeda dan tidak terbayang-bayangi oleh Bartimaeus. Membaca buku ini seperti mendengar langsung Katla, pengasuh Halli bercerita, meskipun pace-nya cukup lambat, tidak membuat membacanya bosan, gw bacanya lama karena teralihkan oleh kesibukan persiapan kunjungan dan kecapean.
Klimaks dan antiklimaks yang bertebaran juga digambarkan dengan baik, gw sering berhenti membaca karena takut dengan nasib Halli yang sering diujung tanduk. Humor-humor yang bertebaran di banyak adegan lucu deh, tidak terkesan dipaksakan, si Om emang pinter ngelucu.
Di awal cerita, gw sempat membayangkan tokoh-tokohnya berperawakan seperti Viking atau enggak yah seperti di film How to Train Your Dragon tapi ternyata salah hhehhe membaca lebih lanjut si Om baik secara langsung maupun tidak langsung menggambarkan fisik masing-masing klan. Meskipun banyak tokoh selingan yang diceritakan, penggambaran masing-masing tokoh tidak terkesan menggantung. Awalnya juga gw mengira setting tempat-nya di Islandia, karena seperti yang sudah sering gw jelaskan, -sson adalah marga yang umum ditemukan di Islandia, Halli Sveinsson berarti Halli, anak laki-laki dari Svein, seharusnya sih yang benar jadi Halli Arnkelsson, mungkin untuk mempertegas status bangsawan Halli kali ya. Inti pesan moral  dari kisah ini adalah dalam setiap mitos selalu ada setitik kebenaran.
Sayangnya klimaks di akhir agak aneh gitu deh ditambah akhir dari kisah ini menurut gw agak menggantung sehingga masih terbuka untuk dilanjutkan, dilanjutkan gg ya ?, at all this book is a Must Read.
xxxChuu original by ra~ccon.

Today's Quote : "... Ya, kakimu memang pendek, tapi kau masih memilikinya. Terimalah keadaan dengan tabah dan tidak lama lagi segalanya akan baik-baik saja." Katla

11 komentar:

  1. Wah, doyan baca novel2 fantasy yah? hahaha.. Gue juga.. and sekarang lagi bikin novel fantasy.. :D Salam kenal juga yah.. :D

    BalasHapus
  2. @ Mas Glen : sukaaa banget. wah iya ? semoga cepat rampung ya, sukses ^^

    BalasHapus
  3. Kamu udah selesaaaai membacanyaaaaaa!?? Luar biasaaaa! :D :D
    Saya aja belom selese, serabutan ama tiga novel lain. >.<"

    Dari nama2nya memang kayak di skandinavia ya. :)

    Ini novel enak dibaca mungkin memang karena penerjemahnya bagus. :D

    BalasHapus
  4. wih, kayaknya seru dan asik nih novelnya. novel pertama yg aku rampungin baca cuma harry potter yg half-blood prince. tp aku kecewa banget sama filmnya yg gak se mendebarkan di novel

    mau tukeran link enggak mbak?

    BalasHapus
  5. Kelupaan!

    Kok itu boleh sih masuk pake helm? :D :D
    Penjaga di depan tidak bekerja dengan baik. *grin*

    BalasHapus
  6. semoga lekas selesai novel fantasinya ya

    BalasHapus
  7. Celana merlin...??

    ada juga jenggot merlin kak :))
    HAHA

    BalasHapus
  8. kalo udah di Toga Mas biasanya emang saya juga kalap.. karena diskonnya buat semua buku. ehehehe... biasanya sih kalo nggak novel fiksi kayak kamu beli, saya pilih buku traveling atau pengembangan diri.

    lengkap di toga mas jogja gejayan!.. ada juga sih di galeria, tapi ngga terlalu lengkap

    BalasHapus
  9. @ Bang Asop : Lama loha kata saya tuh, yaiyalah klo sambil baca yang lain mah pasti lama.
    Iyup, keren jadi pengen penerjemah juga
    Hhho emang dikira ATM gitu, kan rencananya sebentar doang gitu

    @ Mas Rahad : Emang seru, klo film adaptasi dari novel emang biasanya mengecewakan karena terlebih dahulu kita "memfilm-kannya" di otak kita

    hhihhi taro mana ya ?

    @ Tante Lidya : udaaah selese Tante :D

    @ Aul : eits hati-hati bahkan celananya Merlin juga sakti hhehhe

    @ Bang Gaphe : iyaa diskonnya gg nahan deh *pecinta diskon*
    meeh, gg tauu hhehe

    BalasHapus
  10. widii,, masuk toko buku masih pake helm.. dikira mau ngerampok loh mba

    BalasHapus
  11. @ Mas Pai : masa cantik-cantik ngerampok sih ahhahaha *lempar aja deh lempar*. kan niatnya cuma sebentar doang :D

    BalasHapus

Hoya ^^ terima kasih telah berkunjung.
Kurang berkenan ? silahkan berkritik.
Kurang greget ? saran akan selalu diterima :)
Komentar yang masuk saya moderasi, jadi tidak langsung muncul di kotak komentar :)